SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

TUMBUH KEMBANG BALITA

Minggu, 19 Desember 2010


TUMBUH KEMBANG BALITA


Sejak postingan ini anak saya yang ketiga sudah berumur 4 bulan,karena ini anak kami yang terakhir (bungsu) kami sangat memperhatikan perkembangan si anak apalagi anak yang ketiga ini laki-laki satu-satunya tentunya sangat kami banggakan disamping tentunya anak kami yang pertama dan yang kedua.
Panduan agar tumbuh kembang anak tepat dan apa yang harus dilakukan jika sikecil terlambat mencapainya.Jadi biar terlambat asalkan mendapat stimulasi tepat,tentu sikecil akan tumbuh sangat normal.


  1. Berguling
Usia 3 s/d 6 bulan gerakan berguling dari terlentang lalu tengkurap dan usia 4 s/d 7 bulan untuk berguling dari tengkurap ke terlentang.
    • Kapan harus cemas : jika diusia 9 bulan sikecil belum mampu berguling sendiri.
    • Bagaimana merangsang sikecil : Membiarkan sikecil tidur tengkurap adalah salah satu ide baik .Tentu saja anda harus mengawasinya,jangan sampai ada benda-benda menutupi jalur napasnya .Menidurkan bayi dalam posisi tengkurap akan memperkuat otot tubuh bagian tengah.
  1. Merangkak
Bayi akan mulai merangkak umumnya pada usia 6 s/d 10 bulan.
    • Kapan harus khawatir : Jika sampai usia 12 bulan,sikecil sama sekali tidak merangkak.Mungkin saja sikecil mengalami gangguan perkembangan motorik pada otak atau sarafnya.
    • Bagaimana merangsangnya agar mau merangkak : Sekali lagi posisikan bayi dengan tengkurap lalu berikan mainan favorit didepannya.Goyangkan mainan itu dan semangati dirinya untuk meraihnya.
  1. Berjalan
Rata-rata bayi berjalan diusia 12 bulan ,tetapi beberapa bayi berjalan diusia 9 bulan dan yang lain diusia 18 bulan.
    • Kapan perlu khawatir : Sampai usia 15 s/d 16 bulan sikecil belum bisa berjalan .Namun jika sikecil mengalami perkembangan lainnya tanpa hambatan,maka kemungkinan besar memang sikecil hanya sedikit terlambat berjalan.
    • Agar sikecil cepat berjalan : Sebelum sikecil mampu berjalan sendiri ,ia akan merambat dengan cara memegang beberapa benda yang mantap dijadikan pegangan .Jangan berikan sikecil baby walker.Sikecil memang bergerak ,namun sebenarnya ia hanya duduk di walkernya.Anak normal tidak membutuhkan alat itu
  1. Bicara
Kata pertama biasanya keluar saat sikecil berusia antara 10 s/d 14 bulan.Tapi sikecil akan mulai mengoceh sejak usia 2 bulan.
    • Anda harus khawatir : Sikecil tidak mengucapkan sepatah katapun yang bisa dimengeerti saat usia 18 bulan.Mungkin saja sikecil terlambat bicara karena tinggal dilingkungan di dua bahasa.Jika sikecil sama sekali tidak berkomunikasi ,tidak mengoceh menggunakan bahasa sendiri ,maka anda harus khawatir.
    • Membuat sikecil berbicara : Pastikan sikecil melakukan kontak mata dan mendengar apa yang anda bicarakan.Lalu maiankan permainan yang mengajarkan sikecil melakukan giliran dan permainan menirukan suara-suara hewan .Bahasa dipelajari dengan meniru dan ajarkan sikecil bahasa sederhana.
Akhirnya mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya !

3 komentar:

aep rangkasbitung 31 Maret 2013 pukul 10.28  

Terima kasih...hatur nuhun....thank you atas infonya...

aep rangkasbitung 31 Maret 2013 pukul 10.31  

Terima kasih...hatur nuhun....thank you atas infonya...

bang miing 5 April 2013 pukul 05.09  

aep rangkasbitung, 31 Maret 2013 10.31 > sama2 kang aep

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP