SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

OKULASI

Selasa, 03 Januari 2012


Okulasi adalah teknik memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara menggabungkan dua tanaman secara lebih.Penggabungan dilakukan dengan cara mengambil mata tunas dari pohon induk,lalu ditempelkan ke bagian percabangan primer.Percabangan primer adalah percabangan yang tumbuh dibawah batang.Risiko kegagalan perlakuan okulasi mata tunas lebih rendah dibandingkan dengan risiko sambung pucuk.
Penempelan mata tunas daya rekatnya lebih kuat dibandingkan dengan sambung pucuk sehingga pertumbuhan tunas selanjutnya cenderung lebih bagus.


Okulasi dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Potong pencabangan tanaman induk yang akan diambil mata tunasnya.Pengambilan percabangan yang akan diambil mata tunas sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari karena saat itu daun tidak sedang berfotosintesis.
2. Buang daun-daun yang dipercabangan,sayat mata tunas secara hati-hati dari bawah ke atas.








3. Sayat kulit percabangan primer secara hati-hati.Penyayatan diusahakan jangan terlalu panjang,sekitar 2 cm saja.Penyayatan ini disesuaikan dengan panjang mata tunas yang disyat.Jika ukuran ini bisa disesuaikan keberhasilan okulasi lebih tinggi.Sayatan kulit batang yang terlalu lebar atau pecah,tidak terlalu bermasalah dalam perlakuan okulasi.









4. Potong setengah bagian sayatan kulit percabangan primer.
5. Tempelkan mata tunas dikambium percabangan primer.
6. Jika posisi mata tunas sudah menempel di kambium,tutup dengan setengah bagian kulit percabangan primer yang tidak dipotong.Penutupan jangan samapai mengenai mata tunas.










7. Bungkus mata tunas yang sudah menempel dengan plastik khusus okulasi yang sudah dipersiapkansebelumnya.Pembukusan harus dilakukan dari arah bawah ke atas.Tujuannya agar mata tunas tertutup rapat atau kedap udara dan air siraman tidak bisa merembes masuk ke mata tunas.Jika air merembes kedalam ,mata tunas akan busuk.









Mudah-mudahan bermanfaat.

7 komentar:

Ari Luberius 7 Juli 2012 07.28  

info yg sangat bermanfaat bagi saya... tapi bs gk di jelas kan dengan gambar2 yang lebih jelas lagi agar gampang dipahami.. thx

bangmiing 8 Juli 2012 17.48  

Ari Luberius@ Ya nanti ya,lagi kurang mut nih......bro.....

Anonim,  25 Oktober 2012 19.55  

berlaku hanya untuk mangga saja atau buah yang lain bro,... mohon pencerahannya

bang miing 27 Oktober 2012 05.40  

Anonim@ Untuk yg lain jg bs Bro.....

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP