SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

06. Salah satu cara menghindari Petir

Sabtu, 27 Maret 2010

PETUNJUK PRAKTIS MENGHINDARI BAHAYA PETIR

PETIR adalah suatu fenomena alam,yang pembentukannya berasal dari terpisahnya muatan didalam awan cumulonimbus.







Umumnya muatan negative terkumpul dibagian bawah dan ini menyebabkan terinduksinya muatan positif diatas permukaan tanah,sehingga membentuk medan listrik antara awan dan tanah.

Jika muatan listrik cukup besar dan kuat medan listrik di udara dilampaui,maka terjadi pelepasan muatan berupa petir yang bergerak dengan kecepatan cahaya dengan efek merusak yang sangat dasyat karena kekuatannya.

Indonesia terletak didaerah katulistiwa yang panas dan lembab,yang menyebabkan terjadinya hari guruh (HGT) yang sangat tinggi disbanding daerah lainnya (100-200 hari/tahun),bahkan daerah cibinong sempat tercatat pada Guiness Book of Records 1988 dengan jumalah 322 petir/tahun.Kerapatan sambaran petir di Indonesia juga sangat besar yaitu 12/km2/tahun yang berarti pada setiap luas area 1 km2 berpotensi menerima sambaran petir 12 kali setiap tahunnya.Energi yang dihasilkan oleh setiap sambaran petir mencapai 55 kwhours.

Statistik menunjukan bahwa besaran arus petir umumnya berkisar antara 30-80KA (pernah pula terdeteksi sampai 300KA).Semakin besar arus petir pada gilirannya akan menyebabkan kenaikan tegangan yang semakin besar.

Bahaya Sambaran Petir.
Kerusakan harta benda dan kematian umat manusian yang disebabkan oleh sambaran petir di Negara kita relative tinggi,mulai dari meninggalnya seorang petani yang sedang bekerja di sawah sampai terhentinya sebuah kilang minyak penghasil devisa Negara disebabkan oleh sambara petir baik secara langsung maupun tidak langsung yang melalui radiasi,konduksi atau induksi gelombang elektromagnetik petir.Semakin hari semakin besar jumlah yang ditimbulkan,karena semakin banyaknya pemakaian komponen elektronik oleh masyarakat luas dan industri.Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa letak Negara kita terletak pada daerah tropis dengan tingkat resiko kerusakan yang cukup tinggi dibandingkan dari Negara pembuat peralatan tersebut,yaitu didaerah subtropics jauh lebih banyak dan rapat.Dengan demikian ancaman sambaran petir pada peralatan canggih perlu diwaspadai dan upaya perlindungan terhadap peralatan instalasi,bangunan yang berisikan peralatan elektronik seperti pada industri,bank,instalasi penting,militer bahkan perorangan perlu ditingkatkan.

Hari Guruh per Tahun (HGT)
Argentina 30-80,Brazil 40-200,Hong Kong 9-100,Indonesia 180-260,Malaysia 90-200.
Kerugian juga berdampak pada kerugian oprasional sebuah perusahaan dimana sambaran petir dapat menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada instrument kerja perusahaan dan mengakibatkan terhentinya oprasional.Apalagi pada saat sekarang ini tidakada satupun perusahaan yang tidak memakai komponen yang berhubungan dengan elektronika.Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi pada dewasa ini ,maka pelepasan petir dapat merusak jaringan listrik dan peralatan elektronika yang sensitive.Sambaran petir pada tempat yang jauh +/- 1,5km sudah dapat merusak system elektronika dan peralatan,seperti instalasi computer,telekomunikasi kantor dan instrumentasi serta peralatan elektronik sensitive lainnya.Untuk mengatasi hal tersebut maka perlindungan yang sesuai harus diterapkan pada peralatan atau instalasi terhadap bahaya sambaran petir secara langsung maupun tidak langsung.

Prinsip Proteksi Petir.
Memperhatikan bahaya yang diakibatkan sambaran petir diatas,maka system proteksi petir harus mampu melindungi fisik dan peralatan dari bahaya sambaran langsung (external protection) dan sambaran petir tidak langsung (internal protection) serta penyediaan grounding system yang memadai serta terintegrasi dengan baik.Hingga dewasa ini belum ada satupun alat /system yang dapat melindungi 100% dari bahaya sambaran petir.Namun usaha perlindungan mutlak diperlukan.Untuk itu selama 60 tahun pengembangan dan penelitian di laboratorium dan lapangan terus dilakukan.

Baru-baru ini tepatnya sabtu,25 februari 2006 seorang pekerja CV Manolo (kontraktor pembuangan tanah penutup di Quary plant Cirebon) ketika berangkat kerja dari rumahnya di Cupang menuju lokasi alat berat dalam kondisi hujan,tersambar petir saat sedang berjalan dipertigaan jalan menuju Quary C dan Quary B.Korban yang berusia 52 tahun meninggal dunia dengan sekujur tubuhnya menghitam terbakar sambaran petir.

Dibawah ini beberapa tip yang mudah-mudahan berguna bagi anda untuk menghindari tersambar petir :
1. Jika anda melihat kilat atau mendengar gelegar guruh segeralah menuju bangunan yang telah dilindungi penangkal petir atau mendekatlah ke mobil atau truk.Lebih aman lagi jikalau anda mengamankan diri ketika melihat tanda hari akan hujan , ingat biasanya hujan ditandai oleh kilat dan petir.
2. Pakailah sepatu dari kulit atau karet yang tidak bocor,usahakan memakai kaos kaki yang kering,sebagai upaya memisahkan diri anda dari tanah sehingga petir enggan melalui tubuh anda.
3. Jika anda berada diluar rumah hindari area terbuka,tempat ketinggian,berada dilokasi yang berair,dibawah pohon yang tinggi dan benda logam yang menjulang tinggi.
4. Jika tempat berlindung tidak diperoleh anda harus jongkok namun hindarkan tangan anda menyentuh tanah dan jangan berbaring,karena akan memudahkan penyaluran tenaga petir ke tanah.
5. Jika anda berada diluar ruang jangan berdiri bergerombol dengan orang lain buatlah jarak orang ke orang sakitar 5 meter diantara masing-masing orang.
6. Jika anda berada ditempat terbuka dan merasakan rambut anda berdiri itu pertanda petir akan menyambar anda , anda harus melakukan gerakan rukuk yaitu menekuk badan kearah depan (syukur menghadap kiblat) dan menempatkan tangan diatas kedua lutut , insya Allah selamat.
7. Jika anda berada dalam ruangan hindarilah dekat pintu,jendela dan tempat yang berair.
8. Barang-barang elektronik seperti tv,radio,computer dll sebaiknya dimatikan dan dicabut kabel power dari stopkontak listrik.Jika peralatan elektronik tersebut tidak memungkin dicabut seperti halnya telepon ,menjauhlah dari padanya.
9. Begitupula jika anda membawa HT,HP dan Radio saku matikan segera,pisahkan antena dari bodi untuk mengurangi rangsangan petir menyambar.
10. Jika ada korban terkena sambaran petir tangani dengan hati-hati dan jangan dibawa bersama barang yang bermuatan listrik agar tidak kembali disambar petir.
Terima kasih mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya!


3 komentar:

Caang 29 Maret 2010 20.22  

Tipsnya sangat cocok untuk wilayah Indonesia yg beriklim tropis. Apalagi untuk kota Bogor yg biangnya petir. Mang dina dasbor, pengaturan, komentar, teangan verifikasi kata trus leungitkn

khana 28 November 2011 14.57  

ada alat yang bsa buat mengalihkan sambaran dari petir gak..??
thanks sebelum nya..

bangmiing 3 Desember 2011 08.20  

Khana> saya dirumah pakai antena radio amatir yg tingginya 11meter,sebagai pengaman saya pakai ground Alhamdulillah pada saat kena petir tidak terjadi apa2 pada perangkat radio saya,itu adalah salah satu usaha mengendalikannya.

Poskan Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP