SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

16.CARA MENENTUKAN KAKI TRANSISTOR

Minggu, 08 Mei 2011


Menentukan kaki transistor adalah tehnik dasar buat yang hoby elektronika.Hal ini ternyata gampang-gampang susah,gampangnya ya kalau sudah tahu susahnya tentu ya karena belum tahu he..he..he...

Bila kita telah dapat menentukan mana Basis (B),Emitor (E) dan Colector (C),berarti kita dapat mengetahui transistor itu rusak atau sudah bocor.Tadinya hal ini saya ga posting karena dalam postingan saya dah ada rangkaian elektronika yang berjudul PENGUJI TRANSISTOR dengan rangkaian ini secara otomatis kita dapat mengetahui jenis transistor dan dapat mengetahui kaki transistor serta bahan transistor tersebut,tapi buat para sahabat yang males membuat rangkaian dapat menggunakan tehnik seperti ini.
Silahkan anda simak :

Pertama temukan kaki BASE (B) seperti gambar dibawah ini,hal ini juga kita dapat mengetahui transistor tersebut masih baik atau rusak.





















Gunakan pada avo meter dengan skala x1 atau x10,jangan gunakan x1k atau x10k.
Hasil pengukuran diatas adalah :
1. A dan B “jalan”, Base di kaki 1 jenis transistor NPN
2. C dan D “jalan”, Base di kaki 2 jenis transistor NPN
3. E dan F “jalan”, Base di kaki 3 jenis transistor NPN
4. D dan E “jalan”, Base di kaki 1 jenis transistor PNP
5. A dan F “jalan”, Base di kaki 2 jenis transistor PNP
6. B dan C “jalan”, Base di kaki 3 jenis transistor PNP
7. Selain kombinasi di atas, berarti transistor rusak(short antar kaki-kakinya)

Mencari kaki Emitor(E) dan Colektor(C) :
1.Set AVO meter pada posisi x1k atau x10k
2.Misal transistor yang kita gunakan jenis NPN
3.Lakukan pengukuran seperti gambar di bawah









Perhatikan penunjukkan jarum, apabila jarum bergerak ke kanan maka kaki 1 (pada probe positif) adalah emittor dan kaki 2 (pada posisi probe negatif) adalah colektor. Atau Jika dipasang kebalikkannya (probe positif pada kaki 2 dan probe negatif pada kaki 1) dan jarum tidak bergerak, maka kaki 1 adalah emitter dan kaki 2 adalah kolektor.

Untuk transistor jenis PNP dapat dilakukan seperti diatas dan hasilnya kebalikan dari jenis NPN

Akhirnya mudah-mudahan bermanfa'at dan jangan lupa komentarnya demi kemajuan kita bersama coy......

102 komentar:

Caang 8 Mei 2011 20.44  

Bang Miing, bagaimana bila kita kagak punya AVO meter atau AVO meter kita rusak, ada jalan lain?

bang mi'ing 8 Mei 2011 20.49  

Caang@ ada jalan lain yaitu jalan ke toko terus beli dech ha...ha...ha...

Caang 8 Mei 2011 21.51  

Masalahnye bang, ane kagak punye duit buat beli AVO meter. Apa bang Miing sudi meminjamkan duitnya?

bangmiing 9 Mei 2011 09.00  

emangnye' ente' kira ane' Bank Berlin apa? dah gini aje' ente' balik tuh ke Bandung terus minta dech ma ema,tapi ente' acting dikit, bikin tuh muka kusut dikit biar ema ente' percaya huaa...ha..ha....

sthiwa 14 Mei 2011 07.39  

Thank u so much

http://sthiwa-alfaiziey.blogspot.com

bangmiing 14 Mei 2011 08.45  

Sama-sama Gan! terima kasih juga atas kunjungan dan komennya.

Anonim,  29 Juli 2011 13.37  

maaf bang,sy mau tny tp agak diluar topik.prtnyaanx :bgmn cara merubah lampu emergenci menjadi ups.sy pny lampu emergenci 22watt(lampux model lingkaran),trus sy ganti lampux dgn lampu philips keong 18watt,tp tdk bs nyala.

Ketahuilah 15 Desember 2011 05.28  

sangat membantu gan . thanks :D

bangmiing 16 Desember 2011 05.04  

Ketahuilah> terima kasih kalau dpt membantu dan bermanfaat,.tank's kunjungan and komennya.

putra ali 21 Desember 2011 19.20  

permisi mas, numpang tanya, apa beda dan kegunaannya transistor jenis pnp npn? terimakasih.

bangmiing 22 Desember 2011 05.22  

putra ali>bedanya dari input arus,NPN arus mengalir dari C ke E jika B ke ground,sedang PNP arus mengalir dari E ke C jika B ke sumber teg.jadi beda pada polaritas yang berlawanan.

meko 23 Desember 2011 19.17  

masuk bgt nih artikelnya . . makasi y bang
sukses dah, , ,

bang miing 24 Desember 2011 05.31  

Meko>Terima kasih atas kunjungan dan komennya,mudah2an bermanfaat.

daidov 25 Desember 2011 00.28  

terimakasih Bang,atas infonya.. met jaya selalu ?

bangmiing 25 Desember 2011 10.25  

daidov>Terima kasih,mudah2an bermanfaat.

sasas,  25 Desember 2011 16.01  

blognya kurang menari

bang miing 25 Desember 2011 16.54  

sasas>Terima kasih atas kunjungan dan komennya.

hari,  9 Januari 2012 12.23  

bang
gw pake NPN gimana kalo base nya input mikro
colektor relay 12v dan emitor ke gnd
gimana cara kerjanya, beda g tipe transistor 2n2222 sama TIP122
thanks

bangmiing 9 Januari 2012 16.49  

Hari@Mohon maaf Gan! saha kurang paham masalah kinerjanya,.

dani 11 Januari 2012 22.20  

terimakasih bang,artikelnya sngt membantu..
tp ane mo tanya,kalo dilihat dr fisik ane lihat tr nya di tengah suka ada buletan kecil kaya semacam ciri,apa tuh artinya?
mksh jwbx.

bangmiing 12 Januari 2012 05.04  

dani@Terima kasih.Titik atau tanda biasaunya untuk mempermudah,biasa tanda itu berarti kaki tersebut E (emitor).

Tomi Pusing 13 Januari 2012 01.30  

terimakasih nih bang ? ane memang agak kesulitan dalam mencari mana yg basis dan mana colektor serta emitor..

bangmiing 13 Januari 2012 05.05  

Tomi Pusing@mudah2an dah ga pusing lagi sekarang He...he....he....

Tomi Pusing 18 Januari 2012 22.58  

Siiip bang.. di tambah terus postinganya Bang. semoga jaya untuk Abang....

bangmiing 20 Januari 2012 05.17  

Tomi Pusing@ Tank's Gan!

hamzah3 26 Januari 2012 12.07  

kalau pada saat mensari kaki col dan emi tapi jarum tidak bergerak walau probe sdh d balik gmn tuh om??

bangmiing 28 Januari 2012 05.42  

hamzah@ pertama pastikan alat oke,lakukan semua tutorial dengan benar.
Coba ganti dgn trasistor baru,lakukan lagi.

arief_golit 29 Januari 2012 08.53  

sip.... bagus bagus bagus....

bangmiing 2 Februari 2012 06.09  

arief_golit@ Terima kasih Gan!

Anonim,  10 Februari 2012 10.31  

thank's Bang....saya bisa bantu anak yg dapat tugas dr sekolah smp

bangmiing 10 Februari 2012 13.46  

Anonim@ sama2 Gan! Syukurlah kalo bermanfaat.

Zhane Freccs 20 Februari 2012 17.52  

lagi nginget plajaran tingkat 1, ketemu juga ni. catetan dah pada ilang wkwkwkw wh ktemu blog bang miin. airigato ya bang,AyE.

bangmiing 23 Februari 2012 19.00  

Zhane Freccs@ Sama2 Gan! Arigato juga atas kunjungan dan komennya.

Anonim,  12 Maret 2012 19.15  

Mau tanya bang,ane punya speaker aktif...tapi sebelah kiri mendengung....apa kena transistor atau dioda ?

bangmiing 13 Maret 2012 05.16  

Anonim@mhn maaf sy krg paham,tp sekedar masukan cb anda tkr dgn yg kanan dgn kabelnya semua,kalau masih anda cek kondensatornya jgn2 ada yg melendung bagian atasnya,kalo anda curiga dgn yg 2 itu bisa anda cek dgn avo meter.

ozhum 27 Maret 2012 02.28  

thx buat infonya

Anonim,  16 April 2012 12.19  

gmn kl pas mencari kolektor ma emitor gerak semua bang?
apa kita cari simpangan yg terkecil pa gmn gt?

bangmiing 16 April 2012 13.47  

Anonim@harusnya sesuai diatas,pastikan ukuran avo dan pastikkan jenisnya dulu.Coba anda ulangi sesuai perintah diatas dengan teliti.

Anwar Bocah Elektron 17 Mei 2012 07.56  

hy sob Masih Bingung neh nentuin yg mana emmiter, mana yg koletor,........?????/

maklum baru pemula....!!!1

www.azmi.com 25 Mei 2012 09.32  

mas, kalau B dan E yang jalan mana yang base

bangmiing 31 Mei 2012 11.18  

Anwar bocah elektron dan www.azmi.com@untuk menyakin coba anda beli transistor yg udah ada tandanya Contoh:2SB178,dia dah ada caping untuk emmiter.Sbg patokan.nanti setelah paham anda cb dgn transisitor yg lain.

elektronik.av2 5 Juni 2012 23.33  

MAKASIH BANG ATAS BANTUANNYA

Anonim,  6 Juni 2012 20.45  

thanks ya ...gaan

bangmiing 7 Juni 2012 06.12  

elektronika.av2@Sama2 Gan !

Anonim,  14 Juni 2012 09.48  

kok kayakna kebalik antara NPN dan PNP nya

bangmiing 15 Juni 2012 19.33  

iko@ sip makasih Gan!

bangmiing 15 Juni 2012 19.34  

Anonim@Masa sih... cb di cek lagi Bos !

TEGUH 23 Juni 2012 21.17  

bagusss 100% hatur nuhuuunnn piiiisan

bangmiing 1 Juli 2012 07.39  

TEGUH@ terima kasih ,mudah2an bermanfaat....

ichamaswatun@ymail.com,  3 Juli 2012 09.40  

Bang,,,, kalu kita pake tesPEN bisa nggak,,,, coz aQ belum punX Avometer,,,,

joni irawan 3 Juli 2012 12.28  

blog yang mantap,,baca juga gan tentang pengujian transistor
http://www.computelectric.com

bangmiing 5 Juli 2012 05.06  

ichamaswatun@ymail.com@ Wah kayanya belum tuh Gan!

bangmiing 5 Juli 2012 05.08  

joni irawan@ Makasih , saya akan cb Gan!

Pantangan Kista 19 Juli 2012 19.58  

Sangat berguna nih informasinya salam kenal gan moga sukses trus...

Penyakit Kolesterol 19 Juli 2012 20.00  

Informasinya sangat berguna sekali gan moga sukses trus...

Mengatasi Maag 19 Juli 2012 20.02  

Mantap banget nih informasinya salam kenal gan...

bangmiing 21 Juli 2012 08.17  

Pantangan Kista, 19 Juli 2012 19:58 ,
Penyakit Kolesterol, 19 Juli 2012 20:00
Mengatasi Maag, 19 Juli 2012 20:02 @Terima kasih untuk semua...

Pantangan boke 29 Juli 2012 22.55  

Gan ane ga hobi elektronik dan ane ga tau transistor itu apaan, jadi gimana gan?

bangmiing 31 Juli 2012 05.30  

Pantangan boke @ ga pa2 yang penting nt bahagia......menjalani hidup.

arie ajah 11 Agustus 2012 07.55  

bang ming, hebat deh kapan kapan ane berguru langsung ea................

bangmiing 12 Agustus 2012 07.57  

TerdOngO, 1 Agustus 2012 23:24> Sama-sama Bos!

arie ajah, 11 Agustus 2012 07:55> Ane ga mau.he...he...

Robby Fast 25 Agustus 2012 03.38  

Sip mesti di catat m'ga + canggih

bangmiing 29 Agustus 2012 10.10  

Robby Fast@ biar ga lupa catat dong.

saiful afandi 13 November 2012 16.56  

bang,ku mw tya gmn cranya bedaiin kaki2 transistor tnpa mnggunkan avo meter??????

saiful afandi 13 November 2012 17.03  

bang,ku mw tya gmn cranya bedaiin kaki2 transistor tnpa mnggunkan avo meter??????

khasmin gokil 17 Februari 2013 14.31  

bang cara bedain kaki antara transistor sanken gimana.

bang miing 4 Maret 2013 05.26  

khasmin gokil, 17 Februari 2013 14.31 > "Sanken" mungkin hanya merk,type transistor hanya dua NPN dan PNP

muhamad ali 6 Maret 2013 20.08  

misi mlm ngan aku ada masalah dikit keyboard casio q mati ?aq cr transistor B1548 di toko elektro sana sini gak ada yg ada hny tpe lain ,klo di ganti tipe lain bsa gak mas lo bs tipe apa yg bs mohon infox aq tunggu.087812187585

bang miing 12 Maret 2013 05.14  

muhamad ali, 6 Maret 2013 20.08 > cari aja persamaannya ga pa2,

muhamad ali 15 Maret 2013 16.32  

mas semua prsamaanx b1548 apa ya mas entr aku bs mlih mana yag ada mhn infox

Sahabat NOAH Tasik 4 April 2013 22.00  

W bingung mau komen apa karna ane masih belum mengerti

Abdurahman Wahid 19 Mei 2013 21.53  

mantap bang postingannya,,,langsung ane coba,,, langsung paham,,,mksh bang,,, lain kali kalau ada kesulitan ane tanya lagi oke bang,,,

Angger Wihbhouo 6 Juni 2013 01.45  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim,  14 Juni 2013 10.33  

Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
Look advanced to far added agreeable from you! By the way, how could we communicate?


Look into my web-site ... Quantrim Truth

as'ad Bahri 28 Agustus 2013 09.15  

terima kasih banyak mas, atas ilmunya. smoga mas sehat slalu shg dpt menularkan ilmunya lewat postingan,..

as'ad Bahri 28 Agustus 2013 09.17  

terima kasih banyak mas, atas ilmunya. smoga mas sehat slalu shg dpt menularkan ilmunya lewat postingan,..

arifin cnur 1 September 2013 11.46  

Biasa nya avo digital sama yang jarum kalau вυαт ngukur dioda atau transistor, kaki avo nya berrlawanan antara yg avo digital dgn yg jarum

ari mbe mbe 27 September 2013 04.01  

bang miing ane mau tanya ni ane ngerangke woofer pake transistor TOSHIBA 1943+5200 tapi kenapa cepat panas y? Apa ane masangnya terbalik, tempat yg seharusnya Bwt PNP ane taroin NPN ya bang ? Mhon pejelasanya terimakasih

M.barcahikam Hikam 13 Oktober 2013 20.09  

Bang ane punya msalah ni
Ampli gua kagak bisa nyala stlh ane gan ti Tr nya
sebelum nya Tr nya C1384 sama Tr A684
Trus ane ganti D400 semua kok kagak bisa nya nyala cma berdengung keras.. ?
Mohon solusinya gan?

rafael rafly 28 Oktober 2013 23.44  

Bang kalo pake multi metet digital yg mana yg d pake

rafael rafly 28 Oktober 2013 23.45  

Bang kalo pake multi metet digital yg mana yg d pake

rafael rafly 28 Oktober 2013 23.45  

Bang kalo pake multi metet digital yg mana yg d pake

rafael rafly 28 Oktober 2013 23.45  

Bang kalo pake multi metet digital yg mana yg d pake

Anonim,  12 November 2013 10.08  

bang apa yg d mksd dgn colector, emitor dan basis ?

ndemin 22 Desember 2013 19.22  

makasih bro ilmunya sangat membantu

ndemin 22 Desember 2013 19.25  

makasih bro ilmunya sangat membantu

Anonim,  31 Januari 2014 02.51  

Ada....pake tempe aja om....

Anonim,  31 Januari 2014 02.58  

Kelaut aje bang...

Anonim,  31 Januari 2014 03.09  

Kemungkinan itu tr yg sablonan atau tr kw.setahu ane tr itu bs tahan ei kasih suply 47 dc.kl salah pasang yg jelas jebol tuh tr dan g ad suara cm huuming/dengung .kl paw di pasang suara normal tp cpt panas cb tirunin power suply nya.misal 47 volt jd 32 volt.atau 32 volt jadi 24 volt....

Anonim,  31 Januari 2014 03.20  

Weleh y jelas g bunyi gan.kl amplifier power finalnya tr.y harus ganti dengan tr yg fungsinya sama.misalnya tr BD139-BD140 ganti dengan TIP31-TIP32.tr D400 setau ane biasa di pake buat buffer power ocl gan.

Anonim,  31 Januari 2014 03.30  

Penjelasan sederhananya untuk pemakaian umum begini.base/basis adalah pintu masuknya signal/data.colle ctor adalah sumber arus masuk.emiter/emitor adalah keluaran dari base yg sudah di kuatkan oleh collector tadi.

Anonim,  20 Februari 2014 13.46  

Bng cra nentuin trnsitor rusak dan nntuin npn dn pnp pke multitester digital gmn y?thnx

Anonim,  11 April 2014 04.15  

siip bang, berguna bnget..

abdullah 15 April 2014 10.50  

bang gmna cara aman, agar power brtaha lebih dari 5jam bermain ,power yg sya gunakan blezer mono 1000watt x2.
ditunggu bang kabrnya......
makasihh.

Yuzzuf Kallah 3 September 2014 14.35  

bang mau tanya dikit ni... papan PCB di jalur transistor nya rusak, gmana memasang kembali transistor.. ada jalur alternatif lain gak .?


. trima kasih atas jwabanya.. di tunggu.

Poskan Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP