SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

CARA MEMBUKA IMPELER POMPA AIR "SANYO"

Sabtu, 09 Mei 2015

Para sahabat mungkin pernah mengalami,pompa air dirumah sudah tidak kuat lagi mengangkat air dari sumur alias sudah loyo.Kemungkinan besar impelernya yang sudah aus,itu terjadi di pompa air yang saya gunakan,kebetulan pompa air saya merek "Sanyo",kebanyakan orang salah mengatakan pompa airnya merek lain tapi dia bilang sanyo,kesalahan yang terjadi harus diluruskan dulu.

Peralatan yang dibutuhkan:
1.Kunci ring 10mm
2.Kunci ring 13mm
3.Obeng Min
4.Palu

 Langkah kerja:

1.Buka cover dengan kunci ring 10
2.Didorong dengan obeng,pukul obeng dengan palu bergantian pada ketiga sisi didaerah lubang bolt,pukul sedikit-sedikit supaya rata.
3.lepaskan "O" ring
4.Tarik impeler keluar


Pada langkah kerja tersebut adakalanya impeler macet karena lama digunakan,coba pakai contack cleaner.
Bila tidak bisa alias macet bingit seperti pompa saya.Coba buat tracker sendiri.
Seperti dibawah ini:
Potong plat dengan panjang min 85mm,lalu bor 3 buah lubang antara lubang 1,2 dan 3 masing-masing jarak 10mm.Lubang 1 bor dengan diameter 7mm yang ke 2 dengan diameter 5mm dan yang ke 3 dengan 7mm.Lubang yang ke 2 ditap dengan ukuran M6.
















Pada impeler sudah ada 2 buah lubang denga diameter 5mm,jadi kita tinggal Tap dengan M6.
Lihat gambar:

















Lalu pasangkan plat tadi sebagai tracker,bolt yang panjang sebagai penarik impeler.
Lihat gambar:


Lalu putar bolt yang tengah sebagai penarik dengan kunci Ring 10mm.
Lihat gambar:

Dan impelerpun dengan mudah akan terlepas dari shaftnya.
Lihat gambar:
 
Sebelum melakukan pergantian impeler bersihkan juga bagian yang lain,seperti valve in dan bagian dalam pompa dari kotoran yang akan menyumbat.
Lihat gambar:
Akhirnya mudah-mudahan bermanfaat.......
Bila anda butuh Box kontrol kamera mobil klik DISINI

17 komentar:

Unknown 8 Januari 2016 pukul 16.28  

Gambar/ fotonya koq ngga busa dibuka ya Boss...

Bang mi'ing 9 Januari 2016 pukul 10.11  

bang arie ,wah ada masalah apa ya ,ko bisa ga ada,baru cek lagi saya

Unknown 18 Januari 2016 pukul 12.25  

Gambar fp gak bisa kebuka gan.

Bang mi'ing 3 Februari 2016 pukul 16.02  

Muhyi @ kenapa ya,nanti kalo lagi senggang ane ganti cuy

Bang mi'ing 16 Februari 2016 pukul 19.07  

Agan-agan photo sudah saya ganti,mudah-mudahan jadi lebih jelas

ANDRI BAGJA 11 April 2016 pukul 06.11  

trimakasih gan ats ilmunya.

Bang mi'ing 11 April 2016 pukul 16.30  

ARC, 11 April 2016 06.11 @ sama2 gan...

Acix 27 Juni 2016 pukul 13.55  

Bang mau tanya, ring o tu yg menahan impeller atau? Soalnya di sanyo saya tidak ada ring yg menahan impeller, jd waktu saya ganti dia bergesekan. Itu knp bang?

Acix 27 Juni 2016 pukul 13.55  

Bang mau tanya, ring o tu yg menahan impeller atau? Soalnya di sanyo saya tidak ada ring yg menahan impeller, jd waktu saya ganti dia bergesekan. Itu knp bang?

Bang mi'ing 28 Juni 2016 pukul 04.26  

Acix, 27 Juni 2016 13.55:
Impeller,tidak ada O ringnya,impeller langsung mepet ke body

Service hape itu mudah 9 November 2018 pukul 10.22  

Klo sanyi saya juga tidak ada o ring yg di sealnya. Apakah labgsung nempel ke impelernya tanpa o ring pak ???

Service hape itu mudah 9 November 2018 pukul 10.22  

Klo sanyi saya juga tidak ada o ring yg di sealnya. Apakah labgsung nempel ke impelernya tanpa o ring pak ???

Unknown 2 Juli 2019 pukul 15.25  

Mantap gan, makasih utk ilmunya

Labantio 25 April 2022 pukul 15.55  

Gan, gimana cara ngakali impeller nya bersentuhan dengan cover nya, sehingga kadang tidak mau berputar kadang berisik

Meek: Sanyo
Terima kasih

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP