SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

PERBAIKAN POWER SUPPLY BELL 1030A

Rabu, 10 Februari 2016

Selamat pagi sahabat,habis subuh sinyal bagus buat berbagi pengalaman,mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi buat yang lagi bingung dan dapat lebih manfaat.

Sudah hampir 4 tahun saya vaccum nggak ngebreak lagi,sampai akhirnya temen breaker menganjurkan untuk ngebreak lagi,dia bilang izin siarnya tinggal 1 tahun lagi,kalo saya nggak ngebreak selama 5 tahun berarti kamu bayar pajak radio sia-sia alias ga dipake ,katanya....

Akhirnya saya coba tengok ke gudang,ternyata masih ada radio saya ,V8000 kebanggaan yang saya beli sejak tahun 2002,SWR Tunner Daiwa CNW 919 masih ok,power supply masih ada,kalo antena saya memang saya ga turunkan,V2R lokal dengan kabel RG 8.

Kemudian saya cek,mulai V8000 kondisi Ok saya coba pake accu mobil,SWR masih mantab,pada saat saya cek PS yang seharusnya maximal keluar 16volt hanya keluar 7volt,diputer-puter potensio tetep aja kagak mau rubah tuh voltasenya.
 











Saya coba buka,ternyata  kabel ke transistor jengkol ada yang putus,akibat digigit tikus sepertinya,saya sambungkan kembali sambil saya bersihkan.Kemudian saya test lagi tapi tetep aja 7volt yang keluar.
saya coba  ganti potensio 20k dengan yang baru dan saya coba ternyata ada peningkatan jadi 7,5 volt,diputer kanan kiri  terus potensio tapi dia ga turun ga naik tetep aja 7,5volt.

Saya curiga ke transistor D313,tapi saya cek lebih dulu trimpot untuk volt out ternyata ok.
Akhirnya saya ukur transistor D313,pengukuran di kaki transistor pada posisi diatas PCB ok,tapi saat diukur pada papan PCB bawah rusak.
Saya putuskan untuk mencabut dari PCB ,ternyata kaki transistor yang satu tidak conneck alias terputus,tapi tidak terlihat pada saat trasistor terpasang di PCB apalagi ada sirip pendinginnya.

































Setelah saya pastikan Ok,saya pasang kembali dan saya test ........................
Allhamdulillah..... power supply saya berjalan baik,saya puter potensio kekiri turun sampai 10volt dan saya puter kekanan dapat maximal cuma sayang voltmeter rusak dah saya cari belum dapet,kalo sahabat mau berbagi saya ucapkan terima kasih he...he....
Setelah ok saya pantek aja di 13,8volt dan ngebreak lagi deh... manteman teman.....

Mudah-mudahan bermanfaat......

0 komentar:

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP