SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

02. Rangkaian Elektronika Sederhana

Senin, 25 Oktober 2010




ANEKA RANGKAIAN ELEKTRONIKA
Pada posting kali ini saya akan menampilkan rangkaian elektronika sederhana yang mudah-mudahan dapat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari.Saya memiliki 54 rangkaian yang sebagian sudah saya buat untuk kebutuhan rumah,untuk sementara saya tampilkan sebagian,saya tunggu komentar anda untuk kelanjutannya.Semua skema rangkaian saya kumpulkan dari tahun 1991 s/d tahun 2000.Silahkan pelajari dan praktekan.

1.SAKLAR OTOMATIS POMPA AIR
Seringkali air di penampungan di rumah kita selalu tumpah saat penampungan penuh.Lebih parah lagi kita lupa dan ditinggal begitu aja,alhasil air tumpah kemana-kemana.Saya pernah mengalami sampai air sumur saya habis,maklum saya tinggal diperumahan yang sumurnya asal ada,perumahan sekarang ya....gitu dech........
Sampai akhirnya saya memutar otak (asal jangan kepala kepala ikut muter) membuat alat pendeteksi tinggi rendahnya air.Inilah gambar rangkaian dan cara kerjanya :










Daftar komponen :
R1 = 100K C1,2 = 47n
R2 = 5K6 C3 = 220mf/25v
R3 = 680 Tr1,2,4,7,8 = FCS9012
R4 = 10 Tr3,5,6 = FCS9013
R5 = 1K D1-5 = IN4002
R6 = 270 Trafo 12v 350ma
R7 = 47K ab = PLN
R8 = 47K cd = Pompa Air
R9 = 100K
Relay = 12v DC
ABC = sensor (dari besi, stainlis atau lainnya)

C1,2 = 47n
C3 = 220mf/25v
Tr1,2,4,7,8 = FCS9012
Tr3,5,6 = FCS9013
D1-5 = IN4002
Trafo 12v 350ma
ab = PLN (input 220v AC)
cd = Pompa air

Cara kerja :
Misalkan kita menghendaki tinggi air dalam tangki tidak lebih tinggi dari titik A dan tidak lebih rendah dari titik B pompa air akan hidup sendiri dan bila menyentuh titik A pompa akan mati.

A=batas atas permukaan air yang dikehendaki
B=batas bawah air yang dikendaki
C=adalah kawat/kabel yang harus selalu menyentuh air di tempelkan ke badan tangki(kalu logam)

Akhirnya tangki air ga tumapah lagi.......
Mudah2an bermanfaat dan jangan lupa komentarnya dong!


2.SAKLAR OTOMATIS POMPA AIR-2












Keterangan :
Skema ini cara kerjanya sama dengan yang di atas (Versi lain)
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.



3.ALAT PENGUSIR NYAMUK
Gambar skema rangkaian :










Daftar Komponen :
R1 = 10K
R2 = 680 ohm 1/4watt
R3 = 1oo ohm 1/4watt
D1 = IN4001
P1 = potensio lineir
C1 = 0,01mf
Tr1 = UJT2646
Tr2 = BC548
Ls = tweeter

Cara kerja :
Biasanya yang sering mengigit itu adalah nyamuk betina sedangkan nyamuk betina tidak senang kalau didekati oleh nyamuk jantan.Rangkaian ini menghasilkan frekuensi tinggi suaranya menyerupai suara nyamuk jantan.Oleh karena itu nyamuk betina akan pergi.
(mudah2an aja nyamuk jantannya ga gigit setelah ditinggal nyamuk betina he.....he.....he........)
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

4.PENIDUR ELEKTRONIK
Gambar dan skema Rangkaian :









Cara kerja rangkaian :
Alat ini akan menghsilkan suara yang berkesinambungan,sehingga kita akan monoton mendengarnya sampai akhirnya kita tertidur.
Untuk komponennya klik pada gambar.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.


5.DETEKTOR HUJAN
Gambar dan skema Rangkaian :









Cara kerja rangkaian :
Sensor dipasang ditempat yang terkena hujan dengan dua buah kabel.Dibuat kepingan logam dengan jarak 2mm dan dilapisi kain.Apabila sensor terkena hujan rangkaian akan mengeluarkan suara.Rangkaian ini dapat diaplikasikan lain,misal di sambung dengan rangkaian lain.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.


6.RANGKAIAN ADAFTOR
Gambar dan skema rangkaian :









Daftar Komponen :
D1-4 = IN4002
C1-2 = 100mf/25v
R1 = 560 ohm
Tr = 2SB178
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.


7.ALAT PENGETES DIODE
Gambar dan rangkaian:






Daftar Komponen :
T = Trafo 250/500ma
Dt= Diode yang di tes
D1-2 = In4002
L1-2 = Lampu indikator/pilot lamp 6v/50ma
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

8.LAMPU DARURAT
Gambar dan rangkaian :







Daftar komponen :
Daftar komponen klik pada skema masing-masing rangkaian.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

9.ANTI PENCURI SEDERHANA
Gambar dan skema rangkaian:







Daftar komponen :
AB = saklar push on
Sw1= saklar
Sw2= saklar relay
L = lampu indikator

Carakerjanya:
Bila A dan B bersentuhan sebentar saja,maka relay bekerja dan menarik Sw1,karena Sw2 dalam posisi on,maka relay akan tetap bekerja sehingga lampu akan menyala terus walaupun A dan B tidak bersentuhan lagi.Lampu dapat diganti dengan sirene.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

10.SIRENE
Gambar dan rangkaian:







Carakerja rangkaian:

Bila lampu pada rangkaian menyala maka sinar lampu akan mengenai LDR,maka rangkaian sirene akan berbunyi.Keras tidaknya sirene tergantung terang tidaknya sinar lampu.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

11.RADIO KRISTAL
Gambar dan skema rangkaian:





Daftar komponen klik pada gambar,untuk EP= koptelepon Z2000 dan ferrit untuk MW,satu set antena dipasang memanjang seperti kabel listrik,untuk IN60 adalah jenis germanium.
Mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa komentarnya.

52 komentar:

Anonim,  25 Oktober 2010 13.01  

Ok juga nih artikel bang... boleh dicopy ga?

bang mi'ing 25 Oktober 2010 23.47  

Boleh aja silahkan bos..............

Anonim,  3 Desember 2010 20.46  

makasihhh buat infonya..


itu sangt berguna buat saya dan temen2 saya

bang mi'ing 4 Desember 2010 05.16  

Terima kasih kalau memang berguna,sukses selalu untuk anda dan teman2 anda.

ncek,  12 Desember 2010 15.58  

mau nanya nih kka, yang sirine itu rangkaian analog kan ya?

masih baru soalnya dalam bidang ini,
makasih banyak ya atas infonya...

Bang mi'ing 12 Desember 2010 19.35  

Ya,sebetulnya pada rangkaian tdak ada lampu,untuk lampu anda pergunakan lampu biasa.
Contoh : Rangkaian anda tempatkan di dlm lemari,lemari posisi gelap,sedangkan cahaya di luar lemari terang,pada saat anda buka lemari LDR pada rangkaian terkena sinar lampu maka rangkaian akan berbunyi.

danang eddy 12 Januari 2011 14.02  

bang ada ga rangkaian sederhana saklar lampu dengan sensor suara? kalo ada kirim ke email ya bang trims....

bang miing 14 Januari 2011 05.43  

Kang Danang saya ada yg ente' maksud Insya Allah nanti saya posting dengan judul "SMS"(Suara menggerakan Saklar,mudah2an itu yang ente' maksud.Sabar yang kang saya persiapkan dulu.......

ciut ciprut 31 Januari 2011 19.55  

ok tuh buat tmbh ilmu.. tolong dong di cari'in rangkaian saklar remot 12volt

Bang mi'ing 1 Februari 2011 07.13  

Terima ksh atas komentar kang ciut ciprut dan mudah2an ilmunya bertambah.Tunggu postingan saya yang lain mudah2an dapat terjawab keinginan kang ciut ciprut.

Anonim,  23 Maret 2011 14.15  

Thank you bang sangat membantu

bangmiing 23 Maret 2011 14.42  

Anonim@ Terima kasih kalau bisa membantu.

Anonim,  22 Juni 2011 12.35  

mbantu sngat...
mg tmbh byk nnt kdepannya yang lbh baru bang....
tnhks

bangmiing 29 Juni 2011 09.09  

@Anonim Trima kasih atas kunjungannya,Insya Alloh kang ..... nanti ane' tambah.

Anonim,  25 Agustus 2011 06.34  

bagus banget tlg rangkaian yg lain untuk kehidupan sehari-hari

bang miing 2 September 2011 05.27  

@Anonim terima kasih atas kunjungan dan komennya.... tunggu aja,sekarang Abang lagi muales... bangeut mosting he...he...he....

satryo 28 September 2011 09.46  

kk yg alat pengusir nyamuk itu pake transistor UJT ya ??
ada pembahasan lebih lanjut ga kk ?
misal kya UJT dsni berfungsi buat apa gt..
mhon pencerahannya kk..
thanks

Anonim,  8 November 2011 07.40  

manteb ne gan rangkaiannya ty ya........

bang miing 9 November 2011 04.51  

kang satrio,karena dirangkaian ini menghasilkan frekwensi tinggi jadi lebih tepat memakai jenis UJT.

bang miing 9 November 2011 04.52  

Kang Anonim,terima kasih atas komen dan kunjungannya.Mudah-mudahan bermanfaat.

Anonim,  29 November 2011 09.12  

Bang, ikutan copy nih. makasih...........

bangmiing 3 Desember 2011 08.22  

Anonim> SilAhkan Om...... makasih atas kunjungan dan komennya.Mudah2an bermanfaat.

Anonim,  28 Desember 2011 03.26  

TRnya susah didapet...

bangmiing 28 Desember 2011 05.15  

Anonim> TR rangkaian yg mana?
kalo cari persamaannya aja Gan!

Anonim,  19 Februari 2012 21.04  

makasih....
perbanyak lgi yawh contoh rangkaiannya,,,

bangmiing 23 Februari 2012 18.57  

Anonim@ sama2 Gan! Ya tar kalo dah semangat lagi,skrg lagi off

Ayudhia Ratna 14 Maret 2012 00.04  

wah...keren....pengen bisa buat juga :)

Anonim,  14 Maret 2012 18.11  

bang makasih artikelnya
masih ada lagi gk nih bang rangkaiannya?

Bang mi'ing 20 Maret 2012 08.13  

Ayudhia@silahkan di coba....,mudah2an bermanfaat.

Bang mi'ing 20 Maret 2012 08.15  

Anonim@masih ada kang ,tp ane' lagi ga mut..... nanti ane posting lagi Sob.

bangmiing 23 April 2012 09.44  

Ade Rubiar@ Silahkan Gan ! Tank's atas ijinnya.

Ike,  1 Mei 2012 09.13  

Waahh cocok banget buat saya ini bos... saya jurusan teknik informatika tapi uas disuruh bikin ginian pake 4 input dan 8output... Smacam bikin penetas telor ato rumah yg ada sensor2nya gitu... Kalo ada saran rangkaian lengkapnya, saya terima lho... heheheh....
thx a BUNCH yaa buat artikelnya...

bangmiing 1 Mei 2012 18.57  

Ike@Syukur kalo cucok sih,mudah2an bermanfaat.

Anonim,  2 Mei 2012 15.57  

pengusir nyamuknya gk fungsi gan...tetep ada nyamuknya...tapi thanks,tugas IP di sekolah selesai...

Anonim,  2 Mei 2012 16.05  

pengusir nyamuknya gk fungsi gan...tetep ada nyamuknya...tapi thanks,tugas IP di sekolah selesai...

bangmiing 3 Mei 2012 07.45  

Anonim@Wah... pasti tuh nyamuk jantan,karena nyamuk betinanya pergi dia kesel ma ente' yg udah ngusir nyamuk betina jd dia marah ha....ha...ha....

Safii 17 Mei 2012 23.34  

artikel yang menarik nih

bangmiing 18 Mei 2012 10.13  

Safii@makasih Gan ! dah singggah....

elektronik.av2 5 Juni 2012 23.49  

makasih bang untuk infonya sangat berguna buat belajar dan praktek

bangmiing 7 Juni 2012 06.15  

elektronik.avi2@ Sama2 mudah2an bermanfaat !

suok begete 9 Juni 2012 23.26  

kerennn bang..
thanks buat inpohnya, iseng2 buatt aaahhh..
:)

bangmiing 12 Juni 2012 07.06  

suok begete@ makasih Gan! mudah2an bermanfaat....

IDHAM PUTRA PEBRIAWAN 31 Juli 2012 22.54  

trima kasih atas artikelnya,,,,

rianpambudi 1 Agustus 2012 11.52  

bang miing ada artikel cara membaca gambar gak?
aku belum bisa ne membaca gambar sebuah rangkaian.
makasih sebelume..

bangmiing 12 Agustus 2012 07.54  

IDHAM PUTRA PEBRIAWAN, 31 Juli 2012 22:54> Sama-sama Gan!

rianpambudi, 1 Agustus 2012 11:52>Wah ane ga punya
Bos !

Anonim,  2 Desember 2012 10.55  

bangmiing itu untuk rangkaian pengusir nyamuk,
kelebihan dan kekurangannya apa ya?
tolong penjelasannya ka..

Anonim,  3 Desember 2012 04.16  

sangat membantu,
thanks, bang..

Dewanto Surya 3 Desember 2012 10.15  

bang, untuk rangkaian pengussir nyamuk di kota saya g ada transistor UJT.nya. bisa kagak d ganti sama transistor yang lain?

Ishaq.rabin Ishaq 9 Januari 2013 22.53  

wuih hebat nih artikel,gue banget dah !!!, bikin lagi yang banyak bang.ane mau jadi penggemar,kalo bang miing nyalonin presiden pasti ane coblos

Anonim,  8 Mei 2013 23.56  

How to find an internet marketing expert? He serves as Faculty Associate at Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.
By now though, these tips should be no brainers and apply to any
programming language. Try searching on your own company.


My web blog - search engine optimazation

ivan verys 26 Desember 2013 09.44  

Makasih udah share gan , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

Poskan Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP