SELAMAT DATANG DIBLOG BANG MI'ING TERIMAKASIH JANGAN LUPA KOMENTARNYA

Wajan Bolik

Sabtu, 16 Oktober 2010

Wajanbolic untuk Wireless
Internet









Bahan Utama :
1. Wajan dengan diameter minimal 36cm (harga sekitar Rp. 35.000,-)
2. USB Wireless LAN (harga sekitar Rp.75.000,-)
3. Pralon 3” panjang sekitar 23 cm.
4. Tutup Pralon 3” 2 buah (harga sekitar 2 x Rp. 4.000,-)
5. Aluminium Foil secukupnya.
6. Kabel USB yang sudah jadi 10 mtr (harga sekitar Rp.50.000,-)

Antena Wajanbolic terdiri dari 3 bagian utama :
1. Reflektor berbentuk Parabola menggunakan Wajan
2. Bagian Sensitif antena berbentuk Tabung berisi USB WLAN
3. Kabel penghubung antena ke computer

Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan
bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang
elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif
tersebut. Berikut ini kita bahas satu persatu.

1. Reflektor berbentuk Parabola menggunakan Wajan
Gunakan wajan dengan diameter minimal 36cm. Ukuran wajan lebih besar makin
baik karena akan lebih banyak gelombang radio yang diterima.
Hal terpenting pada bagian ini, adalah penentuan titik fokus wajan. Untuk itu gunakan
rumus dibawah ini :
F=D2/(16C)
F=Fokus
D=Diameter wajan
C=Kedalaman wajan


Gambar : 1








Catat posisi titik fokus tersebut. Nantinya mulut Tabung Sensitif antena harus berada
pada titik fokus tersebut.
Pasang Tutup Pralon 3” dengan mur/baut tepat ditengah wajan sebagai pemegang
Tabung bagian sensitif .

Gambar:2

















Keterangan gambar:
D=diameter tabung 3"=90mm
L=51.219mm (Jarak WIFI ke ujung tabung)

2. Tabung Sensitif Antena
Bentuk jadi Tabung sensitif dapat dilihat di Gambar , berupa pipa pralon yang di
bagian dalamnya ditempatkan USB WLAN.











Sebagai Tabung dapat digunakan Pipa Pralon 3” sepanjang 23cm dan bungkus 16cm
dari panjangnya dengan Aluminium foil (Ingat ! Pipa Pralon 3” berdiameter 90mm),
Tutup salah satu ujung pipa yang terbungkus Aluminium dengan Tutup Pralon 3”.
Bagian dalam Tutup Pralon tersebut harus juga dilapisi Aluminium.
Buat lobang pada Pipa untuk menempatkan USB WLAN di dalam Pipa. Tentukan
Posisi USB WLAN 5cm dari Tutup Pralon.
Pasang USB LAN di dalam tabung .Kemudian pasang tabung ke wajan.











3. Kabel Penghubung Antena ke Komputer
Setelah Wajanbolic selesai dirangkai maka siap dipasang, misalnya diatas genteng
rumah .Untuk menyambungkan antenna dengan computer pergunakan kabel USB yang sudah jadi supaya ga repot.Tinggal cari hotspot dan tembakkkkk……











Setelah saya pakai wajan bolik yang tadinya sinyal turun naik dari very low paling tinggi sampai good,tapi yang paling sering saya dapat low,sekarang sinyal stabil di Excllent.
Dilingkungan rt/rw net ditempat saya Cuma saya yang pakai jadi saya yang paling oke….
Sinyalnya bukan yang lain he….he…..he….
Akhirnya saya ucapkan semoga bermanfa’at dan jangan lupa komentarnya.

18 komentar:

riwayat-br 14 November 2010 21.33  

mantap cuy blognya, lanjutkan....

jablud 26 November 2010 12.44  

tutorialnya jg dong klo sinyal yg ada ternyata WPA ,gmana cara bobolnya...tq

bangmiing 27 November 2010 07.22  

Ma'af kang kalau soal bobol membobol ane' kurang paham,kalu ane sih yang sah2 aja he....he...he...
Terima Kasih,

Zam 29 November 2010 17.07  

Waduh jangan ambil wajannya emak lo ya, hehehe..tapi kreatif lah, salam bloger

bang mi'ing 29 November 2010 19.50  

Beul Zam itu hasil rebutan ma istri ane' he...he...he....
Habis gimana namanya internetan rame2 jadi rebutan dech......
Ya namanya juga usaha......

bangmiing 10 Februari 2011 07.01  

maaf baru dibalas,Pipa 23 cm pastikan D=90mm nah untuk untuk Diameter pipa 90mm jarak wifi ke ujung pipa 51.219mm=L.Skrg ukur pipa keseluruhan setelah ditambah tutup kira2 24cm.Masukan rumus F=D2/16xC catat hasilnya,F=(34x34):(16x8)=1156:128=9,03 sekarang panjang pipa-F=24-9,03=14,97 ini panjang aluminium .Ingat L(panjang aluminium) Min 3L=3x5,1cm (3xjarak wifi) kalau itu tidak didapat berarti wajan anda terlalu kecil.Mudah2an bermanfaat.....

bangmiing 15 Februari 2011 05.52  

Kang ian titik fokus hasil dari rumus adalah 11 cm,ini kemungkinan wajannya terlalu cekung,ingat berdasarkan gambar kalau diameter pipa 3"=9cm itu berarti jarak wifinya L=5,1cm,sedangkan panjang aluminium min 3x L = 15cm,hasil dari rumus fokusnya 11cm,berarti panjang pipa 23cm ditambah tutup=24cm-11cm=13cm,ini berarti wajan terlalu cekung.Tapi dicoba aja dengan ditambah panjang pipa jadi 26cm,aluminium 15cm,L=5cm,jadi
jarak dari wajan ke aluminium 11cm.mudah2an berhasil (maaf lain kali komentarnya disini aja kang Iang trimakasih)

noyo gg 17 Februari 2011 20.01  

wah boleh juga ni wajan bolik nanti akan saya coba ah ......!

bangmiing 17 Februari 2011 22.51  

Mas noyo gg,terima kasih atas kunjungannya,silahkan dicoba ,mudah-mudahan bermanfa'at.

rony,  16 Desember 2011 08.11  

kalo buat parabola TV bsa ga?

bangmiing 16 Desember 2011 09.54  

Rony> ga bisa mas! karena di desain untuk menangkap sinyal internet,tp kalau anda mo coba2 wifi diganti dgn rangkaian ant tv.

manto 27 Maret 2012 15.40  

Untuk Wi-Fi beda yah? apakah rangkaian Wi-Fi bisa di aplikasikan ke antena tv atau Parabola?
juga sebaliknya. terima kasih.

bangmiing 28 Maret 2012 05.52  

manto@Wifi hanya diperuntukan untuk menangkap sinyal radio internet,kalo untuk TV tentunya anda harus mengganti wifi dengan antena Tv.

Anonim,  20 Oktober 2012 00.24  

Ingat ! Pipa Pralon 3” berdiameter 90mm.

Emangnya 1"=30mm bro?

Stau gue 1"=25,3xxxmm

bang miing 20 Oktober 2012 18.19  

Anonim@1"=25,4mm itu sih persaan panjang,yg kt bicarakan diameter bro baca yg jelas.
D pipa paralon 3"=90mm,silahkan diukur sendiri.

Ezekiel fidel 9 Juni 2013 17.08  

gan.. gmna kalo ane uda punya modem.. trus mau pasang antena biar sinyalnya makin kuat?

gravete flash 13 Agustus 2013 09.06  

mas .....saya minta petunjuk yang untuk tv....
bisa nggak ?

Anonim,  21 November 2014 10.40  

Ampe brapa meter gan jarak jangkaunya. Makasih

Posting Komentar

PARA SAHABAT

About This Blog

  © Blogger template Brownium by Bang mi'ing punya Jan 2010

Back to TOP